1.    SURAT KABAR
1 Publisitas
Penyebaran
 pada publik atau khalayak. Semua aktivitas manusia yang menyangkut 
kepentingan umum dan atau menarik untuk umum adalah layak untuk 
disebarluaskan. Pesan melalui surat kabar harus memenuhi kriteria 
tersebut.
2 Periodesitas
Menunjukan
 pada keteraturan terbitnya, bisa harian, mingguan, atau dwi mingguan. 
Setiap hari manusia selalu membutuhkan informasi. Selama ada kehidupan, 
selama itu pula surat kabar terbit.
3 Universalitas
Menunjuk
 pada kesemestian isinya, yang beraneka ragam dan dari seluruh dunia.  
Isi surat kabar meliputi seluruh aspek kehidupan manusia. Jika tidak, 
tidak dikategorikan media massa.
4 Aktualitas
Kini.
 Keadaan sebenarnya. Laporan  tercepat menunjuk pada kekinian, atau 
terbaru dan masih hangat. Khalayak memerlukan informasi yang paling 
baru.
5 Terdokumentasikan
Dari
 berbagai berita ada yang dianggap penting oleh pihak pikah 
tertentuuntuk diarsipkan atau dikliping. Misalnya berkaitan dengan 
instansinya, atau artikel bermanfaat untuk menambah pengetahuan. 
Pengklipingan biasanya dilakukan oleh public relations.
2.    MAJALAH
a. Penyajian lebih dalam
Frekuensi
 majalah pada umum nya mingguan. Berita dalam majalah disajikan lebih 
lengkap, karena latar belakang peristiwa. Unsur Why dikemukakan secara 
lengkap. Proses terjadinya peristiwa ( unsur how) dikemukakan secara 
kronologis.   
b. Nilai aktualitas lebih dalam
Nilai
 aktualitas majalah bisa satu minggu. Karena biasanya majalah mingguan 
baru tuntas kita baca dalam tempo tiga atau empat hari.
c. Gambar/ foto lebih banyak
Jumlah
 halaman banyak, menampilkan gambar/foto yang lengkap, dengan ukuran 
besar kadang kadang berwarna, kualitas kertas yang digunakan lebih baik.
d. Kover sebagai daya tarik
Disamping
 foto, kover juga merupakan daya tarik tersendiri yang menunjukan ciri 
suatu majalah, sehingga secara sepintas pembaca dapat mengidentifikasi 
majalah tersebut. Kover ibarat pakaian dan aksesorisnya pada manusia. 
Kover biasanya menggunakan kertas bagus dengan warna yang menarik.
3.    RADIO SIARAN
a. Auditori
              Sifat auditori sebagai konsekuensi dari radio siaran untuk
 didengar. Pesan radio siaran harus disusun secara singkat dan jelas, 
atau concise dan clear, atau harus be cristal clear.
b. Radio is the now
              Mestinya siaran radio dibandingkan media massa lainnya 
lebih aktual.Selain hitungannya dalam detik, proses penyampaiannya lebih
 aktual. Sering kali melakukan liputan langsung sari tempat kejadian ( 
rewriting to update ).
c. Imajinatif
Pendengar radio siaran bersifat imajinatif.  Imajinasi berbeda dari setiap pendengarnya sesuai dengan frame of reference nya.
d. Akrab
Sifat
 yang lain adalah akrab dan intim. Seorang penyiar radio seolah-olah 
berada di kamar pendengar, menemani pendengar yang sedang melakukan 
aktivitasnya.
e. Gaya Percakapan
“
 keep it simple, keep it short, keep it conversational” adalah rumusan 
penulisan berita radio. Penyampaian pesan harus bergaya percakapan( 
conversational style). Menulis naskah radio siaran haruslah sebagaimana 
kita berbicara  kepada khalayak sasaran ( write the way you talk)
f.    Menjaga Mobilitas
Mobilitas pendengar terjaga, karena pendengar tidak meninggalkan pekerjaan ketika mendengarkan radio.
4.    TELEVISI
a. Audiovisual
Dapat
 didengar sekaligus dapat dilihat. Gambar dan kata-kata keduanya harus 
ada kesesuaian secara harmonis. Karena sifatnya ini, maka acara siaran 
berita harus selalu dilengkapi dengan gambar.
b. Berpikir dalam Gambar
Bila
 Pengarah acara membuat naskah acara / membaca naskah acara dia harus 
berpikir dalam gambar ( think in picture). Ada dua tahap yang dilakukan 
dalam proses berpikir dalam gambar. Pertama, visualisasi, menerjemahkan 
kata-kata yang mengandung gagasan yang menjadi gambar secara individual.
 Kedua, Penggambaran, kegiatan merangkai gambar-gambar individual 
sedemikian rupa, sehingga kontinuitasnya mengandung makna tertentu.
c. Pengoprasian lebih Kompleks
Lebih
 banyak melibatkan orang. Peralatan yang digunakan pun lebih banyak dan 
untuk mengoperasikannya lebih rumit dan harus dilakukan orang-orang yang
 terampil dan terlatih.
5.    FILM
1 Layar yang Luas/Lebar
Layarnya
 berukuran luas. Layar film yang luas telah memberikan keleluasaan 
penontonnya melihat adegan-adegan yang disajikan dalam film.
2 Pengambilan Gambar
Shot
 yang artistik menjadikan film lebih menarik. Yang bisa menggunakan 
extreme long shot. Ibandingkan pengambilan gambar TV lebih sering dari 
jarak dekat.
3 Konsentrasi Penuh
Kita
 semua terbebas dari gangguan hiruk pikuknya suara diluar karena 
biasanya ruangan kedap suara. Dengan demikian emosi kita juga akan 
terbawa suasana.
4 Identifikasi Psikologis
Suasana
 di gedung bioskop telah membuat pikiran dan perasaan kita larut dalam 
cerita yang disajikan. Secar tidak sadar kita mengidentifikasi diri 
dengan salah seorang pemeran dalam film itu. Dan meniru cara berpakain 
dan model rambutnya yang disebut imitasi.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
 

Casino Near Me - Casinos Near You in New York
BalasHapus› casinos-near-me 충청북도 출장마사지 › casinos-near-me A map showing casinos and other gaming facilities located near 여수 출장마사지 the 전라북도 출장샵 Casino at 여수 출장샵 Mohegan Sun in 원주 출장마사지 Uncasville, Connecticut.