1. SURAT KABAR
1 Publisitas
Penyebaran
pada publik atau khalayak. Semua aktivitas manusia yang menyangkut
kepentingan umum dan atau menarik untuk umum adalah layak untuk
disebarluaskan. Pesan melalui surat kabar harus memenuhi kriteria
tersebut.
2 Periodesitas
Menunjukan
pada keteraturan terbitnya, bisa harian, mingguan, atau dwi mingguan.
Setiap hari manusia selalu membutuhkan informasi. Selama ada kehidupan,
selama itu pula surat kabar terbit.
3 Universalitas
Menunjuk
pada kesemestian isinya, yang beraneka ragam dan dari seluruh dunia.
Isi surat kabar meliputi seluruh aspek kehidupan manusia. Jika tidak,
tidak dikategorikan media massa.
4 Aktualitas
Kini.
Keadaan sebenarnya. Laporan tercepat menunjuk pada kekinian, atau
terbaru dan masih hangat. Khalayak memerlukan informasi yang paling
baru.
5 Terdokumentasikan
Dari
berbagai berita ada yang dianggap penting oleh pihak pikah
tertentuuntuk diarsipkan atau dikliping. Misalnya berkaitan dengan
instansinya, atau artikel bermanfaat untuk menambah pengetahuan.
Pengklipingan biasanya dilakukan oleh public relations.
2. MAJALAH
a. Penyajian lebih dalam
Frekuensi
majalah pada umum nya mingguan. Berita dalam majalah disajikan lebih
lengkap, karena latar belakang peristiwa. Unsur Why dikemukakan secara
lengkap. Proses terjadinya peristiwa ( unsur how) dikemukakan secara
kronologis.
b. Nilai aktualitas lebih dalam
Nilai
aktualitas majalah bisa satu minggu. Karena biasanya majalah mingguan
baru tuntas kita baca dalam tempo tiga atau empat hari.
c. Gambar/ foto lebih banyak
Jumlah
halaman banyak, menampilkan gambar/foto yang lengkap, dengan ukuran
besar kadang kadang berwarna, kualitas kertas yang digunakan lebih baik.
d. Kover sebagai daya tarik
Disamping
foto, kover juga merupakan daya tarik tersendiri yang menunjukan ciri
suatu majalah, sehingga secara sepintas pembaca dapat mengidentifikasi
majalah tersebut. Kover ibarat pakaian dan aksesorisnya pada manusia.
Kover biasanya menggunakan kertas bagus dengan warna yang menarik.
3. RADIO SIARAN
a. Auditori
Sifat auditori sebagai konsekuensi dari radio siaran untuk
didengar. Pesan radio siaran harus disusun secara singkat dan jelas,
atau concise dan clear, atau harus be cristal clear.
b. Radio is the now
Mestinya siaran radio dibandingkan media massa lainnya
lebih aktual.Selain hitungannya dalam detik, proses penyampaiannya lebih
aktual. Sering kali melakukan liputan langsung sari tempat kejadian (
rewriting to update ).
c. Imajinatif
Pendengar radio siaran bersifat imajinatif. Imajinasi berbeda dari setiap pendengarnya sesuai dengan frame of reference nya.
d. Akrab
Sifat
yang lain adalah akrab dan intim. Seorang penyiar radio seolah-olah
berada di kamar pendengar, menemani pendengar yang sedang melakukan
aktivitasnya.
e. Gaya Percakapan
“
keep it simple, keep it short, keep it conversational” adalah rumusan
penulisan berita radio. Penyampaian pesan harus bergaya percakapan(
conversational style). Menulis naskah radio siaran haruslah sebagaimana
kita berbicara kepada khalayak sasaran ( write the way you talk)
f. Menjaga Mobilitas
Mobilitas pendengar terjaga, karena pendengar tidak meninggalkan pekerjaan ketika mendengarkan radio.
4. TELEVISI
a. Audiovisual
Dapat
didengar sekaligus dapat dilihat. Gambar dan kata-kata keduanya harus
ada kesesuaian secara harmonis. Karena sifatnya ini, maka acara siaran
berita harus selalu dilengkapi dengan gambar.
b. Berpikir dalam Gambar
Bila
Pengarah acara membuat naskah acara / membaca naskah acara dia harus
berpikir dalam gambar ( think in picture). Ada dua tahap yang dilakukan
dalam proses berpikir dalam gambar. Pertama, visualisasi, menerjemahkan
kata-kata yang mengandung gagasan yang menjadi gambar secara individual.
Kedua, Penggambaran, kegiatan merangkai gambar-gambar individual
sedemikian rupa, sehingga kontinuitasnya mengandung makna tertentu.
c. Pengoprasian lebih Kompleks
Lebih
banyak melibatkan orang. Peralatan yang digunakan pun lebih banyak dan
untuk mengoperasikannya lebih rumit dan harus dilakukan orang-orang yang
terampil dan terlatih.
5. FILM
1 Layar yang Luas/Lebar
Layarnya
berukuran luas. Layar film yang luas telah memberikan keleluasaan
penontonnya melihat adegan-adegan yang disajikan dalam film.
2 Pengambilan Gambar
Shot
yang artistik menjadikan film lebih menarik. Yang bisa menggunakan
extreme long shot. Ibandingkan pengambilan gambar TV lebih sering dari
jarak dekat.
3 Konsentrasi Penuh
Kita
semua terbebas dari gangguan hiruk pikuknya suara diluar karena
biasanya ruangan kedap suara. Dengan demikian emosi kita juga akan
terbawa suasana.
4 Identifikasi Psikologis
Suasana
di gedung bioskop telah membuat pikiran dan perasaan kita larut dalam
cerita yang disajikan. Secar tidak sadar kita mengidentifikasi diri
dengan salah seorang pemeran dalam film itu. Dan meniru cara berpakain
dan model rambutnya yang disebut imitasi.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Casino Near Me - Casinos Near You in New York
BalasHapus› casinos-near-me 충청북도 출장마사지 › casinos-near-me A map showing casinos and other gaming facilities located near 여수 출장마사지 the 전라북도 출장샵 Casino at 여수 출장샵 Mohegan Sun in 원주 출장마사지 Uncasville, Connecticut.