Selasa, 17 April 2012

medium is the message

Menurut Marchall McLuhan lulusan universitas Toronto (Kanada, lahir 1911). Mengatakan bahwa Media adalah pesan. Pesan akan dapat tercipta jika media tersebut dimanfaatkan secara maksimal. Karna media membentuk pola dalam aktifitas manusia.  Sebagai contoh, bahwa listrik hanya sebuah media. Akan tetapi media tersebut tidak bersikap statis hanya pada sebuah alat. Oleh karena itu, jika listrik tersebut dimanfaatkan secara maksimal dalam aktifitas keseharian manusia seperti menghidupkan lampu, menyetrika, menyelesaikan tugas dengan menggunakan komputer, atau olahraga baseball pada malam hari, maka listrik tersebut dapat diiterpretasikan menjadi sebuah media yang mempunyai pesan.
Jika kita melihat gambar atau lukisan pada sebuah kanvas. Maka persepsi kita terhadap lukisan tersebut hanya sebuah bentuk fisik yang tak memiliki arti. Namun lukisan tersebut memiliki isi dan pesan yang ingin disampaikan oleh pengarangnya.. Sehingga dapat disimpulkan bahwa medium memiliki content atau isi. Isi tersebut menjadi pesan jjka media dapat melahirkan nilai lain.
Mc Luhan juga pernah mempopulerkan istilah “Medium is Mass-age” media adalah era massa. Dia membagi media dalam empat priodesasi: a trible age (era suku), literate age (era literate/huruf), a print age (era cetak), electric age (era elektronik).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar